Home » » Cara Menanam Kubis atau Kol Agar Panen Melimpah

Cara Menanam Kubis atau Kol Agar Panen Melimpah

Cara Menanam Kubis atau Kol Agar Panen Melimpah - Kebutuhan akan sayur mayur sangat tinggi datang dari para konsumen masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat kita sangat menggemari atau menyukai jenis sayur yang murah harganya dan mudah didapat. Karena besarnya permintaan dari konsumen akan kebutuhan sayur mayur, hal ini dapat menciptakan peluang usaha khususnya peluang usaha sayur mayur.

Untuk pembahasan kali ini, saya coba akan menerangkan tentang bagaimana dan keuntungan yang akan sahabat raih, jika para sahabat mencoba menbuka peluang usaha budidaya kubis ( Kol ). Potensi pasar yang cukup besar untuk kategori tanaman kubis membuat pelaku pembisnis menjangkau sampai dalam dan luar negeri. Sebelum kita membahas lebih jauh lagi tentang peluang usaha budidaya kubis, ada baik nya kita terlebih dahulu mengetahui tentang pembudidayaan tanaman kubis itu sendiri.

Tanaman kubis sangatlah cocok ditanam di daerah / area yang bercuaca dingin dan berada pada ketinggian 1500 sampai 2000 diatas permukaan air laut. Jika suhu dan ketinggian area sudah memenuhi kriteria diatas, sebaiknya kita juga harus memperhatikan tentang banyak nya humus dan gemburnya tanah yang akan dijadikan lahan untuk membudidayakan kubis ( Kol ). Hal ini akan sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman kubis itu sendiri. Dibawah ini akan saya terangkan cara – cara menanam sampai memanen kubis kol agar peluang usaha budidaya tanaman kubis sahabat mengutungkan.

Cara Menanam Kubis atau Kol Agar Panen Melimpah
Cara Menanam Kubis atau Kol Agar Panen Melimpah


1. Pemilihan Benih kubis kol
Memilih benih haruslah dilakukan dengan sangat teliti. Belilah benih dengan kualitas nomor satu. Biasanya benih bibit kubis dapat atau mudah kita temukan di toko – toko yang menyediakan benih sayur – sayuran.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Yang Baik Dan Benar Agar Panen Melimpah

2. Penyemaian benih Kubis kol
Cara menyemai bibit kubis dilakukan dengan merendam bibit kubis kedalam air hangat kurang lebih 3 – 5 jam, kemudian bibit yang sudah di rendam angkat bibit tersebut dinginkan agar mendapatkan angin untuk proses penyemaian yang bagus. Proses penyemaian lakukan dengan membuat lahan sendiri kusus untuk bibit yang akan disemai. Penyemaian bibit kubis lakukan dengan cara menebar secara merata dan lakukan proses penyiraman secara teratur pagi dan sore, sesuaikan dengan cuaca daerah sahabat tinggal.

3. Penanaman Kubis atau Kol
Menanam bibit kubis bagusnya dilakukan pada waktu pagi atau pun sore hari. Usahakan saat hendak menanam, bibit kubis yang sudah siap tanam mempunyai 4 -6 helai daun. Lakukan penyiraman secara merata dan teratur dan gunakanlah pupuk kandang yang kualitas nya lebih bagus dibandingkan pupuk buatan.

  • Buatlah lubang tanam kubis dan kol dengan tugal sesuai jarak tanam minimal 20 sampai 30
  • Tanam bibit kubis atau kol yang berkualitas 
  • Tanam bibit kubis kol pada lubang tanam yang sudah diberi pupuk
  • Jika anda meletakan bibit yang disemai pada bumbung daun pisang, maka anda bisa menanamnya dengan berbarengan bumbungnya
  • Apabila bibit kol atau kubis disemai pada polybag, maka anda harus mengeluarkan bibit kubis atau kol dari polibag lantas baru ditanam di area tanam
  • Jika bibit kubis atau kol disemai dalam bedengan rumah, maka ambillah bibit beserta tanahnya lebih kurang 5 cm dari batang sedalam 7 cm dengan solet khusus tanam kubis atau kol Sesudah bibit kubis atau kol ditanam, siram bibit dengan air sampai basah yang dicampur dengan sedikit pupuk
  • Tanaman kol bisa ditumpangsarikan dengan tomat atau[un tanaman cabai lewat cara tanam : 2 baris kubis baris cabai.  Cabai ditanam 3 atau 4 minggu sebelum saat anda menanam kubis

4. Pemeliharaan Tanaman Kubis kol
Pemberian Pupuk : Gunakanlah pupuk buatan seperti Za 500 kg/hektar untuk satu lahan tanaman kubis, dengan dosis takaran perhektar nya 250 kg.Usia kubis yang hendak diberi pupuk haruslah sudah mencapai usia 20 – 30 hari setelah masa tanam

Penyiangan : Setalah usia tanaman kubis sudah mencapai usia satu minggu, lakukan penyiangan agar tanamn terhindar dari hama atau ilalang yang mengganggu proses pertumbuhan tanamn kubis tersebut. Gunakan juga herbisida semprotkan secra merata didaerah sekitar tanaman kubis tumbuh.

Penanggulangan Hama : Gunakanlah Diazinon dengan dosis 2 cc/ 1 liter air semprotkan pada tanaman kubis secara merata. Biasanya hama pada tanaman kubis adalah hama ulat.

Penyakit Tanaman Kubis : Banyak nya penyakit yang dapat menyerang tanaman kubis disebabkan oleh virus dan bakteri yang sampai saat ini sulit untuk menanggulanginya. Untuk masalah penyakit akar busuk pada tanaman kubis, guanakanlah fungisida dengan aturan / cara yang sudah tersedia di label produk tersebut.

5. Masa Pemanenan kubis kol
Masa panen adalah masa yang sangat dinantikan oleh setiap pelaku / petani. Masa panen tanaman kubis dengan usia berkisaran 90 hari sangat bagus atau sangat cocok dilakukan masa panen. Biasanya bobot satu krop / kubis yang bagus adalah 1,8 sampai 2,5 kg. Namun tidak semua kubis yang kita tanam berat nya mencapai bobot diatas, usahakan saat memanen kubis, daun kubis jangan banyak yang tergores. Bersihkan daun kubis yang busuk akibat dimakan ulat, agar buah kubis tersebut nampak puthi dan membuat daya tarik saat akan dipasarkan.

Mungkin hanya itu cara menanam dan budidaya kubis kol sahabat akan berhasil jika sudah memenuhi cara – cara di atas, demikian saja ulasan mengenai peluang usaha budidaya kubis, semoga bermanfaat.

Thanks for reading Cara Menanam Kubis atau Kol Agar Panen Melimpah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

  1. Ayo bantu Greenpack untuk mewujudkan Indonesia yang lebih hijau. Cari tahu lebih lanjut tentang Greenpack di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete