Home » » Tehnik Cara bertanam hidroponik bagi pemula

Tehnik Cara bertanam hidroponik bagi pemula

usahacerdas.com – Bercocok tanam menggunakan tehnik hidroponik lebih dipilih oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dikarenakan sudah semakin sempitnya media tanam yang akan digunakan untuk bercocok tanam, secara etmiologi hidroponik merupakan teknik berbudidaya tamanan dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan  tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, menurut beberapa ahli tanaman mengatakan bahwa teknik membudidayakan tanaman dengan sistem hidroponik terbukti  lebih sedikit membutuhkan air daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.  hal ini dikarenakan Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Ada banyak sekali teknik dalam berbudidaya bertanam hidroponik dengan sistem wick,yaitu mengumpul kan barang barang yang tak terpakai atau bekas(botol mineral) yang akan di gunakan sebagai bahan untuk bertanam hidroponik dengan cara wick, cara ini sangat lah efektif dan mudah,barang yang di gunakan pun sangat mudah di temukan di area sekitar rumah atau lingkungan ,ini adalah salah satu teknik dalam berbudidaya menanam hidroponik yang paling sederhana.
Kemudian ada pula teknik yang canggih ,misalnya menggunakan bahan bahan yang beli dari pasar atau lain nya,namun saat ini lebih banyak yang memilih teknik sederhana karena lebih murah dan mudah di temukan,seiring nya waktu saat ini teknik ini mulai jarang di gunakan oleh masyarakat.Namun ada pula yang menggunakan sistem modern walaupun tidak terlalu banyak di minati oleh masyarakat.

Cara bertanam hidroponik dengan sistem wick


Cara bertanam hidroponik dengan sistem wick image by http://www.azzamrumahherbal.com/

Cara bertanam hidroponik bagi pemula paling simple dan murah adalah dengan menggunakan sistem wick hidroponik dimana cara menanam dengan sistem ini hanya menggunakan baran-barang bekas, nah berikut langka-langkah awal dalam menanam hidroponik dengan sistem wick.

  1. Siapkan 2 Botol bekas ukuran 1,5 - 2 liter.
  2. Lubangi botol bekas tersebut dengan menggunakan gunting atau pisau
  3. Siapkan Gunting sebagai pemotong Tanaman
  4. Media tanaman seperti sekam bakar atau cocopeat.
  5. Siapakan bebera aNutrisi hidroponik dan juga pupuk hidroponik AB Mix.
  6. sediakan 2 Kain flanel.


Langkah-langkah teknih bercocok tanam Hidrpononik dengan menggunakan sistem wick

  1. Jika anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang seusai dengan daftar diatas maka langkah selanjutnya ialah dengan memotong botol bekas tersebut dengan menggunakan gunting ataupun soldier
  2. Lubang yang dibuat pada botol berfungsi sebagai pembuangan air dan juga berfungsi sebagai rongga udara yang dibutuhkan oleh tanaman
  3. Lalu lubangi juga tutup botol air mineral tersebut kemudian untakan dengan kain fanel, perlu anda ketahui fungsi kain flanel pada sistem hidpronik wick berfungsi sebagai tempat untuk menyalurkan air nutrisi dari bawah botol ke tanaman.
  4. Kemudaian Masukkan bibit tanaman yang siap ditanam seperti cabe, tomat ataupu bunga, namun akan lebih baik jika tanaman yang anda tanam sudah berusia 4 bulan
  5. Langkah selanjutnya ialah dengan memberikan beberapa pupuk ke dalam botol yang berfungsi untuk menutrisi tanaman tersebut
  6. Terakhir pastikan jika anda menempatkan tanaman hdirponik ini di tempat-tempat yang terkena cahaya sinar matahari langsung.
Baca Juga : Macam-Macam Media Tanam Hidroponik Yang Murah dan Sederhana

Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai tehnik cara menanam hidropik bagi pemula dengan metode wick, semoga dengan penjelasan saya diatas berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

Thanks for reading Tehnik Cara bertanam hidroponik bagi pemula

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment